News

KrisEnergy Siap Eksplorasi Blok Udan Emas

23 Mei 2013

Kaimana – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS), KrisEnergy siap mengeksplorasi blok Udan Emas yang terletak di Papua Barat. Mulai Desember 2013 ini, KrisEnergy akan melakukan survei seismik dua dimensi (2D) sepanjang 250 kilometer di wilayah Teluk Arguni dan Arguni Bawah.

“Kegiatan direncanakan selama lima bulan,” kata Wakil Kepala Teknik Tambang KrisEnergy (Udan Emas) BV, Kusmutarto Basuki saat pembahasan dokumen upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan (UKL-UPL) di Kaimana, Papua Barat, Rabu (22/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lingkungan Hidup, Kabupaten Kaimana, Abdul Rahim Fuarada, anggota DPRD Kaimana, Dominggus Ruwe, dan Ketua Dewan Adat Kaimana, Harun Sabuku.

Kusmutarto menjelaskan, pembahasan dokumen UKP-UPL menjadi penting karena akan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan eksplorasi yang dilakukan KrisEnergy. Dia berharap, dukungan penuh pemerintah daerah agar kegiatan berjalan lancar dan aman sesuai rencana.

Fuarada mengatakan, pemerintah daerah pada prinsipnya mendukung pelaksanaan eksplorasi migas di wilayahnya. Tapi, dia mengingatkan agar dalam pelaksanaannya kontraktor memprioritaskan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup. “Jaga kelestarian lingkungan di daerah operasi,”kata dia.

Kehadiran industri hulu migas, kata dia, diherapkan menciptakan efek berantai serta berkontribusi pada pembangunan daerah dan pengembangan masyarakat sekitar.

Harun Sabuku menambahkan, sebelum pelaksanaan kegiatan seismik perlu ada koordinasi dengan semua pihak, khususnya sosialisasi lanjutan ke distrik/kampong tempat kegiatan dilaksanakan. Tujuannya, supaya asyarakat mengetahui dengan baik sehingga mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. (OLW)

Pembahasan dokumen upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan (UKL-UPL) di Kaimana.