Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke PT. Petrokimia Gresik, Provinsi Jawa Timur

Perwakilan Jawa, Bali & Nusa Tenggara

Fri, 22 November 2019 08:24 David Pratama

Home Berita

Gresik (22/11/2019)---SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama Wilayah Jawa Timur ikut menghadiri kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI ke PT. Petrokimia Gresik pada 22 November 2019. Kunjungan tersebut dipimpin secara langsung oleh Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto bersama 12 anggota.

Pertemuan diawali dengan pengenalan PT. Petrokimia Gresik oleh Direktur Utamanya Rahmad Pribadi. Ia menyampaikan bahwa pasokan gas saat ini masih mencukupi namun dengan belum adanya kepastian pasokan gas dari Lapangan MDA-MBH KKKS Husky Cnooc Madura Ltd. (HCML) tahun 2021 maka terdapat potensi kekurangan pasokan gas. Ia mengharapkan ke depannya bisa memperoleh pasokan gas dengan kontrak jangka panjang.

Dalam pertemuan dengan mitra, Ketua Komisi VII menyebutkan pentingnya peranan gas sebagai sumber energi bersih dan sebagai bahan baku industri. Namun permasalahn yang dihadapi adalah kontinuitas pasokan, distribusi, dan harga yang dapat memenuhi aspek keekonomian baik bagi produsen, maupun konsumen. Ia menyebut pentingnya peranan Petrokimia Gresik dan bagaimana pertemuan ini dapat menjamin pasokan gas ke depan.

Dalam pertemuan tersebut, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Arief S. Handoko memaparkan potret suplai gas di Jawa Timur dan upaya untuk memenuhi kebutuhan pasokan gas di tahun 2021 kedepan antara lain dengan memanfaatkan beberapa kontrak eksisting yang bisa diperpanjang termasuk dengan memanfaatkan gas dari Wilayah Kerja Cepu ke depannya. Solusi alternatif lainnya antara lain dengan menggunakan skema LNG yang gasnya bisa bersumber dari hulu seperti Bontang, BP Tangguh, dan Inpex Masela.

Adapun mitra Komisi VII DPR RI lainnya yang turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Plt. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, Anggota Komite BPH Migas Hary Parwoto, Direktur Utama PGN Gigih Prakoso, dan Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto.

Top