Menteri ESDM Kunjungi Integrated Operation Center dan Cafe GGR SKK Migas

Kantor Pusat Jakarta

Mon, 16 December 2019 11:11 David Pratama

Home Berita

Jakarta - 16 Desember 2019. Setelah menutup Raker SKK Migas, Menteri ESDM melakukan kunjungan ke integrated operation center (IOC) dan Cafe GGR SKK Migas. Pembentukan IOC dan Cafe GGR adalah salah satu upaya SKK Migas untuk merealisasikan Visi besar, produksi migas Indonesia kembali mencapai 1 juta barrel minyak per day di tahun 2031.

Sebagai salah satu bagian pelaksanaan transformasi SKK Migas untuk membangun organisasi as center of excellence dan digitalisasi, maka SKK Migas telah membangun integrated operation center (IOC) yang diharapkan dapat melakukan monitor day to day operation secara real time sehingga memudahkan SKKMigas mendapatkan akses data setara KKKS sebagai operator dalam pelaksanakaan pengelolaan kegiatan.

Pada laporannya kepada Menteri ESDM pada Raker SKK Migas 2019, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan bahwa pencapaian kembali 1 juta barrel minyak per day akan dilakukan melalui 4 strategi jangka panjang SKK Migas. Salah satu kunci untuk dapat mencapainya adalah kemampuan untuk giant discovery untuk peningkatan produksi migas di Indonesia. Untuk mendukung upaya tersebut, maka pengolahan data dan akses data menjadi sangat penting. Langkah ini sejalan dengan arahan dari Menteri ESDM agar SKK Migas lebih meningkatkan pengawasan dan monitor, agar dapat senantiasa melakukan tindakan pencegahan serta dapat menemukan peluang peningkatan dimasa yang akan datang.

Kepala SKK Migas menyampaikan, keberadaan IOC akan meningkatkan akurasi data serta mendukung kebijakan program SKK Migas lainnya dengan data-data yang ada di IOC akan menjadi bahan diskusi oleh para ahli geologist, geofisis dan resevoir engineer pada Cafe GGR sebagai ruang untuk melakukan sinergi dan kolaborasi dari para ahli tersebut dalam rangka eksplorasi dan eksploitasi migas. Café GGR telah menyediakan data room yang dapat diakses oleh investor.

Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh SKK Migas dan berharap SKK Migas dapat terus melakukan kolaborasi dan sinergi yang lebih baik dengan stakeholders, dan mendorong agar hal-hal yang belum tercapai dapat dicarikan langkah dengan melakukan kerja yang cerdas, cermat dan produktif. Pemerintah dan Kementerian ESDM akan selalu mendukung program-program SKK Migas untuk tujuan baik dan memberikan kemanfaatan bagi negara.

Top