Menyemarakkan Pencanangan Hari Nasional Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2019, Industri Hulu Migas Klaster Sorong Tanam 1000 Bibit Mangrove

Perwakilan Papua & Maluku

Tue, 19 November 2019 10:55 David Pratama

Home Berita

Jeflio, Distrik Mayamuk, 15 Nov 2019


SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku, bersama Kontraktor KKS dan subkontraktornya ikut berpartisipasi dalam Gerakan Menanam Pohon (GMP) Propinsi Papua Barat.


Partisipasi tersebut diwujudkan dengan penanaman 1.000 bibit Mangrove yang dimulai Jumat (15/11) dilakukan direncana lokasi pengembangan pariwisata Kab. Sorong, Jeflio.


Wakil Bupati Sorong Bapak Suko Harjono dan Wakapolres Kab. Sorong, yang sebelumnya juga bersama SKK Migas telah melakukan penanaman pada acara Gerakan Nasional Penanaman Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) 2019 di KEK Kab Sorong, membuka kegiatan PPM Bersama Lingkungan, Penanaman Mangrove Industri Hulu Migas.


Wabup Sorong dalam sambutan yang mengawali acara penanaman mangrove ini menyampaikan apresiasinya bagi industri hulu migas yang sangat peduli terhadap lingkungan dengan menjaga kelestarian alam, dengan secara secara nyata ditunjukkan inisiatifnya mendukung program nasional di Kabupaten Sorong.

Jeflio terletak dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong, sehingga akan menjadi daya saing dan tarik tersendiri bagi potensi perekonomian sektor pariwisata.

Giat bersama penanaman mangrove ini adalah bagian dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Lingkungan KKKS klaster Sorong, yang disinergikan pelaksanaannya bersama Pemda, seluruh operator dan perusahaan pendukung Industri Hulu Migas, dan Organisasi Masyarakat dengan tujuan ingin turut serta membangun SDM dan SDA daerah.


Penanaman bibit mangrove kali ini, tidak hanya dilakukan SKK Migas Perwakilan Pamalu bersama Kontraktor KKS, namun juga melibatkan juga para subkontraktor yang bekerja bagi Kontraktor KKS.

SKK Migas Perwakilan Pamalu mendorong para subkontraktor ikut berpartisipasi menjalankan kewajiban CSR secara serentak dan bersama sama.


Hadir bersama sub kontraktor di JOB Pertamina Petrochina Salawati; PT. Elia Pratama & PT. Intraco Dharma Ekatama yang ikut berkontribusi hari ini.

Kegiatan ini juga didukung oleh tiga organisasi masyarakat yang peduli pengembangan Papua, Yaitu LSM Kitong Bisa, Kitong Papua dan Laskar Bintang Timur, yang tergabung dalam wadah Penyuluh Komunikasi Migas.

Kegiatan masif penanaman pohon di Kabupaten Sorong dalam rangka pencanangan hari menanam pohon Indonesia, telah berhasil mengumpulkan tanaman hingga 1.800 jenis bibit, yang berasal dari dua kegiatan yang serentak dilakukan di Kabupaten Sorong. Jenis tumbuhan yang telah ditanam memiliki variasi jenis, seperti tanaman kehutanan (Masohi dan Trembesi), Tanaman Hias (Glodokan, Tanjung, Puring, Pucuk Merah, Palem Ekor Tupai dan Tabebuai) dan Tanaman MPTS/Serbaguna (Rambutan, Mangga, Durian) serta bibit bibit Mangrove.

Top