Pelantikan 115 Pejabat SKK Migas

Tue, 10 September 2013 13:59 David Pratama

Home Berita

Jakarta – Sebanyak 115 pejabat setingkat kepala divisi, kepala dinas, kepala sub dinas dilantik Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala SKK Migas, J. Widjonarko di kantor SKK Migas, Jakarta, Selasa (10/9). Salah satu pejabat yang dilantik adalah Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai. Hery Margono yang sebelumnya Vice President Management Representative SKK Migas di ConocoPhillips Indonesia ditampuk memimpin divisi strategis itu.

Dalam sambutannya, Widjonarko mengatakan, perubahan organisasi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri hulu migas secara menyeluruh. "Kami fokus pada penegakan transparansi melalui perbaikan tata kelola organisasi," katanya.

Menurutnya, sesuai amanah konstitusi, perubahan atas Undang-undang Migas perlu dilakukan untuk meluruskan pandangan migas adalah sumber daya alam strategis tidak terbarukan yang merupakan penyangga vital ketahanan energi nasional, dan bukan merupakan komoditi.

Setiap rantai pengelolaan dan pengusahaan migas harus dapat memberikan nilai tambah yang optimal kepada rakyat. Untuk itu, SKK Migas mengusulkan perbaikan antara lain, memperbaiki sistem tata kelola (governance) industri migas di Indonesia dengan penguatan kelembagaan dan memperjelas peran masing-masing stakeholder. Selain itu, meningkatkan penerimaan dan partisipasi daerah dalam kegiatan usaha hulu migas, serta pengaturan kekhususan industri hulu migas.

Tak hanya itu, SKK Migas mendorong untuk memberi prioritas kepada Pertamina sebagai perusahaan migas milik Negara sebagai ujung tombak dalam kegiatan eksplorasi dan eksploitasi. "Kami juga ingin ada petroleum fund untuk kesinambungan cadangan dan produksi migas di masa mendatang," kata Widjonarko. (ACU)

Top