Pembayaran Kompensasi hak Adat/ulayat 20 Marga (suku Moi dan Moimaya) dan Penandatanganan Prasasti Kesepakatan Bersama Antar Marga

Perwakilan Papua & Maluku

Wed, 20 February 2019 16:00 David Pratama

Home Berita

20 Februari 2019 - SKK Migas bersama sama JOB PPS dan Petrogas (Basin) selaku operator Wilayah kerja Migas Salawati dan Kepala Burung melakukan Pembayaran Kompensasi hak adat dan ulayat atas Penggunaan lahan/tanah adat bagi masing-masing sepuluh Marga masyarakat di Salawati Tengah & Selatan, serta Distrik Seget, untuk mendukung kelancaran operasional Kegiatan Hulu Migas di area Sorong.


Kedua giat penyelesaian tuntutan masyarakat adat, dilakukan secara bersamaan, bertempat di aula kantor Baperlitbang Kabupaten Sorong.
Meskipun kedua penyelesaian ini diselesaikan disaat yang sama, namun dasar dasar penyelesaian tuntutan mengunakan dua pendekatan UU yang berbeda satu dan lainnya. Untuk JOB PPS mengunakan dasar UU Agraria dan Kehutanan, sedangkan untuk Petrogas didasarkan oleh UU Otonomi Khusus Papua.


Penyerahan ini disaksikan oleh Kepala Dinas ESDM Prov. Papua Barat yg mewakili Gubernur, Kepala Dinas Kehutanan Prov PB, Bupati Sorong, BPKP, Dinas Lingkungan Hidup kab. Sorong, Kejaksaan Negeri Sorong, Polres Sorong, DirReskrimUm Polda Papua Barat, Kepala Distrik Salawati & Seget, SKK Migas pwk Pamalu, Managemen JOB PPS dan Petrogas (Basin) Ltd, LSM Pelita Hati dan 20 perwakilan suku yang menerima Komitmen.
Kepala SKK Migas Perwakilan Pamalu dalam sambutannya menyampaikan tiga pilar perekonomian yang harus dijaga di tanah Papua adalah pertama, pertumbuhan ekonomi yg berbasis pada investasi, termasuk investasi migas. Kedua pemerataan dan ketiga adalah penghargaan terhadap hak ulayat masyarakat adat. Ketiganya harus berjalan seiring dan seimbang.

Pada kesempatan itu juga dilanjutkan dengan penanda tanganan Prasasti Oleh sepuluh masyarakat Marga Distrik Seget yaitu : Marga Maifum, Katumlas, Kamuru, kamumpat, Malanye, Sakaja, Malakamen, Malanye, Sigime, dan Malalu yang disaksikan oleh Pemda Prov. Papua Barat, Pemda Kab. Sorong, SKK Migas, TNI / Polii dan masyarakat.

Salam Hangat,

Pamalu

Top