SKK Migas kembali memperoleh penghargaan, kali dalam acara Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2019

Perwakilan Jawa, Bali & Nusa Tenggara

Mon, 25 November 2019 08:26 David Pratama

Home Berita


SKK Migas kembali memperoleh penghargaan, kali dalam acara Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2019, diwakili oleh Wisnu P. Taher selaku Kepala Divisi Porgram dan Komunikasi, SKK Migas memperoleh peringkat GOLD RATING, sebuah capaian yang luar biasa sebagai salah satu institusi Pemerintah. ASRRAT 2019 dihadiri oleh Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D., Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, dalam pesannya Bapak Menteri bahwa terdapat 3P yang harus terus sustain (berkelanjutan), yaitu Provit, People dan Planet. ASRRAT 2019 diikuti oleh 50 perusahaan/ institusi dari 4 negara, Indonesia, Singapura, Philipina dan Bangladesh.

Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan merupakan Laporan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk mengungkapkan (disclose) kinerja perusahaan pada aspek ekonomi, lingkungan dan sosial, serta upaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang akuntabel bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) untuk tujuan kinerja perusahaan menuju pembangunan yang berkelanjutan. Tujuan dari pembuatan laporan Keberlanjutan ini adalah untuk mengkomunikasikan komitmen dan kinerja ekonomi, lingkungan, dan sosial perusahaan kepada para pemangku kepentingan serta masyarakat luas secara transparan. Melalui laporan ini para pemangku kepentingan bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan terbuka mengenai segala kegiatan pembangunan berkelanjutan yang telah dilakukan oleh Perusahaan.


Acuan dalam menyusun Laporan Keberlanjutan adalah Sustainability Reporting Guidelines (SRG), yang dikeluarkan oleh Global Reporting Initiative (GRI) yang disesuaikan dengan karakteristik usaha sebuah perusahaan. Prinsip ketepatan (Accuracy),menyeluruh (Completeness),serta reliabilitas (Reliability) diperlukan untuk menampilkan informasi dalam laporan keberlanjutan.


Secara umum Sustainability Reporting Guidelines berisikan profil perusahaan, profil pelaporan, cakupan dan batasan pelaporan, tata kelola perusahaan, keterlibatan pemangku kepentingan, indicator aspek kinerja perekonomian, indikator aspek kinerja lingkungan, ketenagakerjaan dan sumber daya manusia, aspek perlindungan kepada nasabah dan lain sebagainya.

Adanya penghargaan ini diharapkan SKK Migas dapat terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara tidak hanya menjaga penerimaan negara (provit) namun juga turut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat (people), menjaga dan melindungi lingkungan (planet), serta memberikan multiplier effect lainnya terutama di daerah operasi hulu migas.

Top