​ SKK Migas Siapkan Sistem Seluruh Rangkaian Permohonan Transfer Aset Secara Online

Thu, 23 July 2020 15:04 David Pratama

Home Berita

Jakarta— SKK Migas hari ini (16/7), menghelat acara penandatanganan Blanket Asset Transfer Agreement (ATA) secara online untuk periode tahun 2020 – 2021. Acara yang digagas oleh SKK Migas ini dihadiri oleh Badan Pengelola Migas Aceh serta 108 Kontraktor KKS yang merupakan pihak dalam Blanket ATA. Pada kesempatan tersebut, Plt. Deputi Dukungan Bisnis BPMA, Afrul Wahyuni berterima kasih atas dukungan SKK Migas dan Kontraktor KKS baik di wilayah Aceh maupun di luar wilayah Aceh sehingga realisasi transfer aset pada Kontraktor KKS di bawah pengasawan BPMA adalah sebesar $1,469,892.46.

Pemanfaatan aset Barang Milik Negara (BMN) melalui mekanisme transfer terdapat potensi penghematan yang signifikan untuk biaya operasi. Pada tahun 2019, realisasi transfer aset di SKK Migas adalah sebesar $68,623,207.16 atau 137% dari target sebesar $50,000,000. Plt. Deputi Pengendalian Pengadaan Sulistya Hastuti Wahyu juga menyampaikan bahwa peraturan perundangan di Indonesia terkait aset hulu migas, pada prinsipnya mendukung kegiatan Kontraktor KKS, bahwa kelebihan material dan peralatan pada suatu Kontraktor KKS dapat dialihkan kepada Kontraktor KKS lainnya melalui persetujuan SKK Migas, hal ini mengingat aset yang dibeli oleh Kontraktor KKS merupakan BMN yang pengawasannya dilakukan oleh SKK Migas. Hal ini berlaku baik untuk Kontrak Kerja Sama dengan mekanisme Cost Recovery maupun Gross Split.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Divisi Pengelolaan Aset Achmad Riad menyampaikan bahwa Blanket ATA yang ditanda tangani antara Kontraktor KKS juga merupakan salah satu cara untuk mengintensifkan upaya optimalisasi pemanfaatan aset dan meminimalisir birokrasi. Selain itu SKK Migas juga sedang menyiapkan suatu sistem dimana nantinya seluruh rangkaian optimalisasi pemanfaatan melalui mekanisme transfer dilakukan secara online sehingga tentunya akan lebih mempercepat proses persetujuan dari yang sudah berjalan saat ini.

SKK Migas menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan tetap mengharapkan dukungan agar upaya efisiensi yang dicanangkan, tidak terbatas pada Blanket ATA ini, dapat diimplementasikan sebagaimana mestinya dan membawa dampak yang positif bagi iklim investasi hulu minyak dan gas bumi. (IFI)

Top