SKK Migas-INSA Dorong Optimalisasi Pemberdayaan Perusahaan Pelayaran Nasional

Wed, 10 April 2013 11:20 David Pratama

Home Berita

Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Indonesia Ship Owners Association (INSA) sepakat untuk melakukan optimalisasi pemberdayaan perusahaan pelayaran nasional dalam rangka implementasi azas cabotage. Hal ini tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Kepala Divisi Penunjang Operasi, SKK Migas, Iwan Ratman dan Ketua Umum INSA, Carmelita Hartoto di sela-sela Indonesia Maritime Advocation Forum di Jakarta, Rabu (10/4). Penandatangan disaksikan Deputi Menko Perekonomian Bidang Perdagangan dan Perindustrian Edy Putra Irawadi.

Dalam sambutannya, Iwan mengatakan, pihaknya terus memberikan dorongan kepada kontraktor kontrak kerja sama untuk mengutamakan kapal-kapal berbendera Indonesia dalam melaksanakan proses pengadaan kapal. SKK Migas juga mengkoordinasikan kebutuhkan kapal antara kontraktor dengan seluruh perusahaan pelayaran nasional secara berkala. Termasuk memfasilitasi pengembangan investasi dan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk penerapan azas cabotage.

"Ini komitmen kami memberdayakan perusahaan pelayaran nasional," kata Iwan.

Carmelita menyambut baik kesepakatan ini. Dia menjelaskan, INSA berkomitmen meningkatkan penyediaan kapal berbendera Indonesia untuk kegiatan hulu migas. "Kerja sama ini menciptakan peluang investasi guna memenuhi kebutuhan dan ketersediaan kapal," katanya. (ACU)

Top