Sosialisasi Kegiatan SKK Migas - KKKS Maluku dan Pencapaian Kerja Hulu Migas bersama Pemred, Redaktur dan Jurnalis Media Massa Propinsi Maluku

Kantor Pusat Jakarta Perwakilan Papua & Maluku

Tue, 05 November 2019 15:48 David Pratama

Home Berita

Ambon, 30 Oktober 2019

Perwakilan SKK Migas Pamalu dan KKKS Maluku melakukan FGD bersama Jurnalis cetak, televisi dan media Online yang tergabung dalam organisasi profesi PWI, IJTI, AMSI dan AJI Propinsi Maluku, dalam rangkaian persiapan dilakukannya Workshop Perdana Hulu Migas bersama Stakeholder PemProv dan PemKab Maluku di Ambon.

Peran dukungan jurnalis di Maluku, memegang peranan terlaksananya kelancaran operasional kegiatan hulu migas, terutama dalam peran advokasi kepada masyarakat. Selain itu, peran media monitoring dari kebersamaan jurnalis Maluku, bisa dimanfaatkan secara positif guna memilah topik dan tema tema terkini yang berkembang di masyarakat, dalam mempersiapkan pelaksanaan Workshop Hulu Migas bersama istansi Pemerintahan Maluku.

FGD bersama kurang lebih 30 peserta, juga mendiskusikan progress persiapan FEED yang dilsampailan oleh KKKS Inpex Masela, serta pemberian informasi terkait masa berakhirnya kontrak PSC Cost Recovery WK Seram dan WK Seram Nom Bula, menjadi PSC Gross Split, yang kembali diberikan hak operatornya kepada Citic Seram dan Kalrez.

Hal hal yang menjadi topik hangat diskusi antara lain: aspek keperpihakan kepada tenaga kerja lokal Maluku dalam pengembangan lapangan Abadi, kepastian proses penawaran PI 10% untuk Pemprov Maluku (karena belum didapatkannya surat SKK Migas dan Dokumen Persetujuan POD Abadi oleh Gubernur), serta kepastian mendapatkan DBH migas (belum ditetapkannya Maluku sebagai daerah penghasil karena lokasi sumur Abadi yang berada di atas 12 mill laut).

Juga disampaikan kepada para jurnalis yang hadir Sosialisasi pencapaian target produksi nasional, Perlunya dukungan seluruh pihak terkait faktor sosial, perizinan dan pertanahan dalam menciptakan kelancaran operasional migas, serta Potensi kegiatan eksplorasi di Maluku yang perlu didukung pelaksanannya yang akan menimpulkan multiplayer effect.

Advokasi jurnalis kepada masyarakat sangat diharapkan terutama untuk memberi pemahaman positif dan memperbaiki persepsi masyarakat, seperti persepsi masyarakat Maluku yang menyatakan bahwa gas bumi dari lapangan Abadi adalah gas yang akan ada terus menerus bersifat abadi.

Top