SPC Siap Bor Dua Sumur

Thu, 04 April 2013 11:10 David Pratama

Home Berita

Samarinda – Kegiatan eksplorasi hulu migas terus di lakukan di wilayah Kalimantan Timur. Salah satunya, ekplorasi dua sumur yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini oleh Singapore Petroleum Company (SPC) Pte. Ltd di blok Mahakam Hilir, Samarinda.

"Pengeboran sumur Naga Utara 2 dan 3 dimulai April hingga Agustus 2013," kata General Manager SPC, Soekoesen Soemarinda saat peresmian bantuan jalan di Samarinda, kemarin.

Dana yang digelontorkan selama eksplorasi SPC di blok Mahakam Hilir sebesar US$ 20 juta. Untuk mengebor dua sumur itu, SPC mengeluarkan dana lagi sebesar US$ 12 Juta. Investasi tersebut murni dana investor, belum ada pengembalian dari Negara. Dia berharap, kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sekitar untuk menyukseskan pengeboran tersebut. "Karena nantinya akan terjadi pengerahan alat berat dan kebisingan kerja selama beberapa waktu," kata dia.

Kepala Urusan Kehumasan dan Kelembagaan Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan Sulawesi, Yanin Kholison mengatakan, jika SPC tidak memperoleh sumur yang dianggap potensial dan ekonomis untuk dikembangkan, kerugian harus ditanggung investor sendiri. SKK Migas, kata dia, tahun 2013 ini telah mencanangkan sebagai tahun pengeboran. Kegiatan eksplorasi menjadi kunci penambahan bagi cadangan migas Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen mengawal dan memberi dukungan penuh, agar hasilnya lebih maksimal. "Kami mohon dukungan semua pihak agar rencana pengeboran dua sumur oleh SPC dapat sukses," kata Yanin.

Wakil Walikota Samarinda, Nusyrwan Ismail menuturkan, kehadiran SPC menjadi perangsang bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Sambutan. Jika pengeboran itu nanti berlanjut pada tahap produksi, dalam waktu 30 puluh tahun ke depan Samarinda akan memperoleh peningkatan bagi hasil migas. "Yang terpenting, membuka lapangan kerja dan usaha lain di Samarinda," kata dia. (DAN)

 

Top