Tajak Sumur STE-16, Asset 5 Sangatta Field Laksanakan Program Pemboran Sumur Ke-2 di Tahun 2021

Berita KKKS Perwakilan Papua & Maluku

Wed, 24 February 2021 18:02 David Pratama

Home Berita

Sangatta, Kutai Timur, 24/02/2021– Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field (PEP Sangatta) yang merupakan anak usaha dari PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerjasama dari SKKMigas, terus berupaya melakukan usaha hulu migas untuk mewujudkan cita-cita pemerintah untuk dapat mencapai produksi minyak 1 juta barrel oil per day (bopd) dan gas 12 billion cubic feet per day (bcfd) di tahun 2030. Salah satu usahannya adalah dengan melaksanakan pengeboran sumur STE-16. Titik pengeboran sumur STE-16 berada di RT 02, Dusun Topo Indah, Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur.

Sumur STE-16 merupakan program pemboran sumur ke-2 yang telah dilaksanakan pada tahun 2021 dengan menggunakan RIG 22.2 / OW700-M milik Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI). Pemboran direncanakan akan selesai dibor dalam kurun waktu 29 hari sejak dimulainya tajak, dengan kedalaman 2.000 meter. Sumur STE-16 ditargetkan dapat menambah produksi minyak PEP Sangatta sejumlah 200 barrel oil per day (bopd).

Sebagai ungkapan rasa syukur serta bentuk bermunajat kepada Allah SWT, sebelum memulai kegiatan pemboran, PEP Sangatta Field bersama perwakilan stakheholder melaksanakan Doa dan Syukuran Tajak secara sederhana dan bertempat di luar area pemboran. Walaupun kegiatan syukuran tajak tidak menghadirkan banyak orang, protokol kesehatan tetap dijalankan seperti wajib mengenakan masker, menggunakan hand sanitizer sebelum masuk area serta menjaga jarak selama kegiatan berlangsung pada hari Kamis, 18/02 lalu.

Sangatta Field Manager, Hanif Setiawan memberikan bantuan perbaikan Mushola Al-Hikmah Dusun Topo Indah serta 1000 paket penanganan COVID-19 untuk Kecamatan Sangatta Selatan. Paket penanganan COVID-19 yang berisi vitamin, hand sanitizer, poster dan masker diterima oleh Darni selaku Kepala Seksi (Kasie) Pemerintahan Kecamatan Sangatta Selatan.

Rangkaian kegiatan syukuran diawali dengan safety breifing dan dilanjutkan sosialisasi overview kegiatan Pemboran yang disampaikan oleh Wisang Umabara selaku Company Man Project Pemboran STE-16.

Pemerintah Kecamatan Sangatta Selatan, yang diwakili oleh Bernadus Parenbang turut serta dalam acara syukuran sekaligus memberikan sambutan. Bernadus menyampaikan bahwa, pemerintah kecamatan Sangatta Selatan bersama Pemerintah Desa Sangatta Selatan siap mendukung kegiatan pemboran STE-16.

“Pemerintah sangat mendukung pemboran ini, apabila nanti ada kendala sosial lingkungan selama pemboran, kami siap membantu agar pemboran ini dapat berjalan lancar”, ujar Benardus.

Dalam sambutannya Hanif menyampaikan bahwa kegiatan pemboran STE-16 yang berlangsung di awal tahun 2021, bertujuan menjaga ketersedian energi nasional untuk berjalannya roda perekonomian negara khususnya di wilayah Kalimantan Timur.

"Alhamdulillah berkat dukungan baik dari Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Desa Sangatta Selatan dari pra pemboran hingga sampai saat ini, semuanya berjalan lancar," ucap Hanif.

Lebih jauh lagi Hanif kembali mengingatkan kepada seluruh kru pemboran agar lebih berhati-hati dalam bekerja serta tetap mematuhi protokol kehsehatan.

“Patuhi Protokol Kesehatan, Disiplin dan tak lupa berdoa Kepada Allah SWT agar Bapak-bapak semua selalu diberi keselamatan dan kelancaran”, pungkas Hanif.

PEP Sangatta merupakan salah satu lapangan migas yang dikelola oleh PEP dan operasionalnya berada di wilayah kerja Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). Berdasarkan data Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas per tanggal 22 Februari 2021, produksi minyak mentah PEP Sangatta berada di angka 2030.37 bopd dari target 1630 bopd, atau realisasi sebesar 124,582 % dari target RKAP. Sedangkan produksi gas berada di kisaran 2,762 million standard cubic feet per day (mmscfd) dari target 2.288 mmscfd, atau realisasi sebesar 120,711% dari target RKAP.

Top