Whistleblower

Home Whistleblower

Ruang Lingkup

  1. Pelapor yang dapat menyampaikan laporan ke dalam WBS SKK Migas adalah :
    a) Pelapor internal : Pimpinan, Pegawai atau Tenaga Alih Daya SKK Migas.
    b) Pelapor eksternal : Pemangku kepentingan atau masyarakat
  2. Terlapor yang dapat diadukan dalam WBS SKK Migas adalah Pimpinan, Pegawai SKK Migas dan atau Tenaga Alih Daya SKK Migas, namun tidak menutup kemungkinan WBS SKK Migas juga akan menindaklanjuti jika terlapor melibatkan SKK Migas dan KKKS. Apabila terlapor adalah Pimpinan/Pegawai KKKS, maka laporan akan diteruskan kepada fungsi internal Audit di KKKS tersebut, dan SKK Migas akan memonitor proses penyelesaian laporan tersebut. Apabila terlapor adalah Pimpinan/Pegawai SKK Migas dan melibatkan Pimpinan/Pegawai KKKS, maka proses investigasi akan dilakukan bersama antara SKK Migas dan KKKS yang bersangkutan. Selain itu, atasan tidak dapat melaporkan bawahannya melalui WBS SKK Migas karena ada mekanisme pembinaan dari atasan kepada bawahan, namun bawahan dapat melaporkan atasan.
  3. Jenis pelanggaran yang dapat ditindaklanjuti oleh WBS SKK Migas adalah :
    a. Dugaan korupsi
    b. Pelanggaran Pedoman Etika SKK Migas
    c. Pelanggaran Pedoman Pengendalian Gratifikasi SKK Migas
    d. Kecurangan
    e. Konflik Kepentingan
    f. Pelecehan
    g. Penyebaran atau pembocoran rahasia perusahaan
  4. Lokasi Terjadinya Pelanggaran Pelanggaran yang dapat dilaporkan melalui WBS SKK Migas, adalah pelanggaran yang terjadi di dalam maupun di luar negeri.
  5. Jangka Waktu Pengaduan Pengaduan yang diprioritaskan untuk ditindaklanjuti adalah pelanggaran yang terjadi paling lama 1 tahun terakhir (sejak laporan diterima) atau yang sedang/akan terjadi. Untuk pelanggaran yang terjadi lebih dari 1 tahun, tetap akan ditindaklanjuti namun bukan menjadi prioritas.

Sarana pelaporan yang disediakan untuk WBS adalah melalui :

  • Telepon : 081180102555
Top